Pages

Ads 468x60px

Player Profile: Gianluigi Buffon

Gianluigi Buffon

Gianluigi "Gigi" Buffon, lahir di Carrara (28 Januari 1978). Pesepakbola profesional dari Italia dengan posisi kiper yang saat ini bermain di Juventus FC. "Gigi" Buffon juga merupakan kiper utama dari Tim Nasional Italia.

Ia dibeli Juventus dari Parma pada tahun 2001. Prestasi terbaiknya di Italia adalah mengantar Italia menjuarai PD 2006 di Jerman. Buffon juga merupakan salah satu kiper terbaik di dunia saat ini. Buktinya? Ia telah mendapatkan penghargaan kiper terbaik Serie A sebanyak 8 kali.

PROFIL

Terlahir dari keluarga berlatar belakang olahraga dengan ibu Maria Stella sebagai atlet lempar cakram dan ayahnya Adriano Buffon sebagai atlet angkat besi, Buffon merupakan anak pertama dari tiga bersaudara. Dua adik perempuannya yaitu Veronica dan Guendalina juga saat ini berprofesi sebagai atlet bola voli. Paman Buffon sendiri yaitu Angelo Masocco juga berprofesi sebagai atlet bola basket. Salah satu kiper legendaris Italia yaitu Lorenzo Buffon juga masih ada hubungan darah dengan kakek Gianluigi Buffon.
Saat ini Buffon bertunangan dengan model Ceko Alena Šeredová. Pasangan ini telah memiliki dua anak yaitu Louis Thomas (lahir 28 December 2007) dan David Lee (lahir 31 October 2009). Anak pertama Buffon dinamai "Thomas" dengan mengambil basis dari Thomas Nkono, yang merupakan kiper idola Buffon sewaktu masih kecil. Buffon berteman baik dengan beberapa pesepakbola diantaranya Alessandro Del Piero dan Pavel Nedved.

KARIER KLUB

Parma (1991-2001): Memulai karir di akademi Parma saat berusia 15 tahun, lulus ke tim junior tahun 1999 saat berusia 19 tahun. Buffon kemudian memulai debut Serie A saat Parma melawan AC Milan pada 19 November 1995, dan dalam pertandingan ini Parma berhasil menahan imbang Milan dengan skor 0-0. Buffon lantas diberikan kesempatan bermain lagi selama delapan kali, dan baru resmi menjadi kiper utama Parma pada 1996, ketika saat itu ia ditangani oleh pelatih kiper legendaris Louie P. Di Parma sendiri, Buffon kemudian melahap lebih dari 200 pertandingan, dan pada musim keempatnya di 1998-1999, ia berhasil mengantar Parma menjadi juara UEFA Cup dan Coppa Italia. Buffon mengakhiri karir di Parma pada musim 2000/2001, sempat dikabarkan ia akan dibeli AS Roma, namun Roma membeli Ivan Pellizoli dari Atalanta.

Juventus kemudian bergerak cepat dan membeli Buffon dengan harga £32,6 juta yang sekaligus menobatkannya sebagai kiper termahal dunia, sepaket dengan Lilian Thuram, Juventus juga memberikan Jonathan Bachini untuk Parma.

Juventus (2001-Sekarang): Dibeli pada era Marcelo Lippi setelah Carlo Ancelotti dipecat, dan Juventus menjual Zidane ke Real Madrid. Saat itu Juventus juga mendapatkan Lilian Thuram (dari Parma) dan Pavel Nedved (dari Lazio). Pada musim pertamanya dengan Juventus, Buffon menjadi kiper utama langganan starting eleven dimana ia tampil dalam 45 pertandingan resmi. Buffon lantas berhasil mengantar Juve juara Serie A melalui aksi heroik di pertandingan terakhir ketika klubnya berhasil menang dan di tempat lain Inter Milan yang tampil sebagai pemimpin klasemen sampai pekan ke-33 kalah. Kemudian di musim 2002-03, Buffon tampil dalam 47 pertandingan resmi dan sekali lagi mengantar Juventus menjuarai Serie A. Ia juga kemudian berhasil mengantar Juve menembus final Liga Champions yang digelar di Old Trafford, saat itu Juventus kalah melalui adu pinalti. Atas aksinya, Buffon mendapatkan penghargaan UEFA Most Valuable Player dan Kiper Terbaik Dunia.

03/04: Meskipun tidak juara Serie A, Buffon masuk dalam Daftar 125 Pesepakbola Aktif Terbaik versi legenda sepakbola Brasil, Pele.
05/06: Dibawah asuhan Fabio Capello, Buffon membantu Juventus juara Serie A, bersama Abbiati yang dipinjamkan Milan, karena dianggap membuat Buffon cidera saat Kaka menabrak Buffon.
06.07: Setelah dianggap terlibat kasus perjudian Juventus mendapat hukuman degradasi ke Serie B, dan melepas gelar Serie A 04/05 dan 06/07.
Banyak rumor setelah kejadian itu yang menyatakan Buffon akan pindah dari Juventus, tetapi sampai sekarang Buffon tetap bertahan, dan membantu Juventus menjuarai Serie A 11/12 dan Super Coppa Italia.

Karir Internasional? Buffon menjadi kapten Italia setelah Paolo Cannavaro pensiun, dan pertama kali bertanding sebagai kapten vs Jerman, pertandingan persahabatan di Dortmund. Buffon banyak membantu Italia di pertandingan-pertandingan internasional. Namun sayangnya di Euro 2012, Italia kalah dari Spanyol dengan skor telak 4-0.
Sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Gianluigi_Buffon
-@SeputarInfoBola





0 comments:

Post a Comment

 

Soccers Fans